Rahsia Bongkar. Pernah Alami Jerawat ? Cara Hapuskan Jerawat Di Muka Dengan “Asam Jawa” Buat Ramai TERPANA !!!

| November 7, 2017 | 0 Comments

Rahsia Bongkar. Pernah Alami Jerawat ? Cara Hapuskan Jerawat Di Muka Dengan “Asam Jawa” Buat Ramai TERPANA !!!| My Berita Tular – Kulit wajah yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Segala sesuatu tentang jerawat tentunya mengganggu penampilan sehari-hari dan seringkali juga memberikan kesan psikologi akibat jerawat. Salah satu cara menghilangkan jerawat secara tradisional ialah dengan menggunakan bahan-bahan herba. Bahan-bahan herba tentunya lebih aman untuk digunakan dibandingkan bahan-bahan kimia.

 

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal ialah dengan menggunakan asam jawa. Pernahkan anda mengetahui hal ini? Asam jawa lebih dikenal sebagai bumbu masakan tradisional, seperti misalnya untuk sayur-sayuran dan minuman tradisional kunyit. Tahukah anda bahwa asam jawa ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja manfaat asam jawa untuk jerawat? Simaklah uraian berikut ini!

Manfaat Asam untuk Jerawat

Tanaman asam berasal dari Jawa, sehingga lebih dikenal dengan asam jawa. Asam jawa biasanya digunakan sebagai bahan masakan dapur, namun ternyata bermanfaat untuk kesihatan kulit, terutama dalam hal jerawat. Apa saja manfaat yang diberikan? Berikut ini ialah manfaat asam jawa untuk jerawat:

1. Mengatasi jerawat yang muncul

Asam jawa dapat menjaga kesehatan kulit, dimana sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat, cara menghilangkan jerawat bernanah, maupun sebagai cara menghilangkan jerawat hitam, dan masih banyak jenis jerawat lainnya. Asam jawa memiliki kandungan vitamin C dan beta-karoten yang akan memberikan nutrisi bagi kulit sehingga membantu mencegah munculnya jerawat serta menghilangkan jerawat hingga bekas jerawat yang ada.

2. Menghilangkan noda atau flek hitam bekas jerawat

Pastinya anda mengetahui fakta tentang jerawat dimana jerawat yang muncul biasanya akan berbekas, salah satunya adalah flek hitam di wajah. Tentunya noda hitam ini akan sangat mengganggu, apalagi bila ada dalam jumlah yang banyak di wajah. Asam jawa dapat menjadi cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Kandungan vitamin C pada asam jawa mampu mencerahkan kulit wajah, dimana membantu menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat secara perlahan namun pasti. Hasilnya kulit wajah terlihat kembali segar dan cerah sehingga membuat anda lebih percaya diri.

Bagaimanakah caranya? Siapkan daging buah asam jawa yang dilumatkan dengan air hangat. Selanjutnya, bentuklah adonan menyerupai krim lulur. Hasil ramuan dapat dioleskan ke jerawat di kulit wajah selama 15 minit. Jika sudah selesai, bilaslah wajah dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, anda dapat menambahkan bubuk kunyit pada ramuan lulur.

3. Menghaluskan kulit wajah

Selain noda hitam, tidak jarang jerawat meninggalkan bekas yang sulit hilang di kulit wajah, seperti luka bopeng. Asam jawa dapat membantu menghilangkan bekas luka ini karena kandungan vitamin C di dalamnya yang mendukung kerja kolagen. Kolagen akan menopang pembuluh darah untuk mengalir di bawah kulit sehingga memastikan suplai oksigen dan nutrisi untuk kulit. Selain vitamin C, daging buah asam jawa mengandung berbagai zat asam, yaitu asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, dan asam asetat yang turut mendukung peredaran darah.

4. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat selanjutnya dari asam jawa bisa ialah untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tingginya kandungan vitamin C pada asam jawa akan membantu pemulihan kulit yang berjerawat sehingga bekas jerawat menghilang perlahan tapi pasti.

5. Meregenerasi sel-sel kulit mati

Asam jawa mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang memiliki manfaat untuk regenerasi sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Bagaimanakah caranya? Siapkan daging buah asam jawa, sedikit garam, dan yogurt untuk dicampur membentuk adonan hingga seperti pasta. Selanjutnya, campuran dapat dioleskan di wajah sebagai masker, namun jangan lupa lindungi bagian mata. Saat pengolesan, pijat-pijat perlahan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Kemudian, diamkan selama 20 minit dan dibilas dengan air bersih. Hasilnya, kulit wajah akan kembali kencang, cerah, sehat, dan bersinar.

6. Mencegah pembengkakan jerawat

Tahukah anda bahwa asam jawa memiliki senyawa anti peradangan? Asam jawa mengandung senyawa flavonoid yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat pembengkakan jerawat di wajah. Oleh sebab itu, anda tidak perlu khawatir akan bahaya infeksi jerawat di wajah karena dapat diatasi dengan asam jawa.

Cara Memanfaatkan Asam Jawa

Berbagai manfaat asam jawa untuk jerawat telah diuraikan. Nah, bagi anda yang tertarik dengan manfaat asam jawa, berikut ini ialah berbagai cara mudah dalam memanfaatkan asam jawa.

Cara penggunaan dari dalam
Buah asam jawa, 10 lembar daun jintan, 1 sendok teh adas, kencur, 12 lembar daun sambiloto dan 10 iris temulawak disiapkan. Semua bahan ditumbuk hingga menjadi bubuk setelah dicuci sebelumnya. Setelah semua bahan ditumbuk, dicampurkan menjadi satu, namun asam jawa dimasukkan terakhir. Selanjutnya, campuran serbuk diaduk merata dan dapat di seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, saringlah hasil seduhan dan hasil saringan dapat anda minum 3 kali sehari.

Cara penggunaan dari luar
Bila anda tidak menyukai rasa asam, anda dapat menggunakannya dari luar. Sebanyak 3 buah asam jawa diseduh dengan 1 gelas air panas. Selanjutnya, setelah dingin disaring dan air hasil saringan dapat langsung anda manfaatkan seperti dipakai untuk membilas wajah saat mencuci muka. Gunakan setiap hari untuk hasil maksimal.

Cara alternatif
Asam jawa juga dapat digunakan bersama dengan kunyit. Sebanyak masing-masing 50 gram daging asam jawa dan kunyit ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, hasil tumbukan dicampurkan hingga merata membentuk seperti krim. Jika sudah merata, krim dapat langsung digunakan sebagai masker wajah. Cara ini ampuh untuk kulit wajah yang banyak jerawatnya. Sebelum pengolesan krim ramuan, cucilah terlebih dahulu wajah. Masker asam jawa dan kunyit ini memerlukan waktu sekitar 25 minit untuk hasil yang maksimal, lalu cucilah kembali wajah dengan air hangat maupun air dingin.

Nah, setelah anda mengetahui manfaat dari asam untuk jerawat, serta cara menggunakannya, semoga berguna bagi anda yang ingin menggunakan bahan herba untuk mengatasi jerawat.

Sumber : wajahjerawat

PALING POPULAR BULAN INI .. JOM BACA !!

Tags: , , ,

Category: Infomasi Semasa

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *